Kamis, 26 Juni 2014

Shut Up! Chapter 1


Shut Up!
Chapter 1.
                Mungkin papa adalah pria terburuk yang pernah ku kenal. Apalagi yang dia pikirkan? Kali ini benar-benar di luar dugaanku. Setelah aku dicampakkan dikampus, aku harus memasuki dunia kerja juga. Yang benar saja? Apa yang sebenernya papa mau? Arrgh!
                “mulai besok kamu loh ya disana”
                “yang bener aja pap?” aku terus memandangi papa dengan tatapan sirik
                “iya. Papa nggak bercanda ya ra.”
                “tapi pap? Tara kan cewek? Yang bener aja? Kalo ketahuan gimana? Kenapa nggak david aja sih yang musti kerja.. kenapa musti tara?”
                “kamu nggak usah banyak nanya. Kamu lakuin aja yang harus kamu lakuin tara.”
                “kuliah tara gimana pap? Masa aku harus bagi waktu sebegitunya sih?”
                “kuliah kamu kan bisa online juga tara, kamu juga bisa masuk malem”
                “ya udahlah”
                “jangan lupa besok kamu harus dateng kerja. Jangan telat!”
                “tara udah jadi karyawan?”
                “belum. Kamu daftar aja dulu”
                Aku berjalan menuju kamarku. Papa tuh nggak pernah ngeliat aku sebagai cewek kali ya? Terserahlah. Tapi dipikir-pikir cara papa keren juga ya. Buat tau siapa yang bener dan siapa yang sok berkuasa memang harus dimulai level yang paling bawah.
==========è Daftar Kerja di perusahaan
“selamat pagi, siapa namanya?”
“tara pak, tara gunaw.. maksud saya tara trika”
“tara trika? Oke tara, kamu sudah lulus psikotes. Sekarang saya mau interview kamu ya?”
“iya pak, siap”
“kamu umur berapa sekarang?”
“18 tahun pak”
“baru lulus SMA ya?”
“nggak pak, saya udah D3”
“D3 umur 18 tahun?”
“oh.. nggak maksud saya, saya baru lulus SMA. Iya gitu..hehehe”
“kamu ini kenapa sih?”
“maaf pak”
“ya sudah. Kamu punya kemampuan apa aja? Kamu bisa akuntansi kan?”
“bisa pak”
“bisa isi surat pajak?”
“bisa pak”
“bisa ms. Excel? Pivot? Spreadsheet?”
“bisa pak.”
======================è Diterima kerja, dua hari lagi aktif sebagai karyawan baru
                Tugas kuliahku menggila, tapi aku masih bisa mengendalikan semuanya dengan baik. bagiku itu terlalu mudah. Setelah mendaftar diperusahaan papa, perasaan aku menjadi lebih aneh. Apalagi papa sama sekali tidak menyapaku di kantor siang tadi, padahal jelas-jelas aku ini ada di samping ruangannya saat interview. Memakai nama belakang papa aja nggak boleh, untung aja aku ini nggak keceplosan walaupun hampir. Udah gitu, aku juga nggak boleh buka biodata aku yang sebenernya.. aku bahkan dikira anak lulusan SMA. Padahal aku baru wisudahan D3 di swiss. Yang bener aja?
                “gimana interviewnya tar?”
                “gimana apanya? Ya aku diterima lah. Eh vid, kamu ngerasa papa aneh nggak sih?”
                “nggak. Emang kenapa?”
                “dari dulu kita kan selalu digituin sama papa ya? Papa bahkan nggak mau ngakuin kita berdua pas di smp dulu. Padahal sekolah itu kan punya papa”
                “ra, kamu kan udah tau sifat papa tuh gimana”
                “iya sih. Kamu! Aku baru pulang dari swiss kamu masih panggil aku tanpa sebutan kaka? Hah?”
                “ngapain sih? Lagian kamu tuh lebih pendek dari aku!”
                “hih dasar gila!”
                Kenalin dia david. Adek kandung aku. Namanya david gunawan sama seperti namaku, Tara Gunawan. Dia kuliah di Jogja jurusan seni. Umurnya 17 tahun, beda satu tahun satu bulan denganku. Sejak kecil dia suka menggambar, dan sekarang dia pintar melukis. Bahkan ada beberapa lukisannya yang ditawar pake harga mati sama orang bule bulan lalu. Walaupun dia agak judes, tapi sebenarnya dia adek yang baik.
                Papa punya dua perusahaan, tiga sekolah dan beberapa toko dibeberapa kota. Papa orang super sibuk. Tapi papa tidak pernah sekalipun lupa untuk menelpon aku dan david setiap hari. Sedangkan mama adalah seorang dokter anak. Beliau sering menginap di rumah sakit, mama terlalu sayang sama anak-anak yang sakit. Jadi kalo aku atau david kangen sama mama, kita harus sakit dulu, baru mama akan super perhatian terhadap kami.
                Kehidupan kita dibilang seperti disinetron. Papa tidak pernah mau mengakui aku dan david sebagai anaknya didepan umum. Beliau selalu mengatakan ke semua orang bahwa anaknya sedang kuliah di luar negri. Dan kali ini, aku adalah salah satu tumbalnya untuk menyamar sebagai karyawan baru diperusahaan papa. Kata dia, aku harus bisa membuat diriku sendiri naik jabatan. Bukan karena aku ini adalah anaknya.
                “hallo ma..?”
                “iya sayang.. kenapa? Kamu lagi ngapain? udah makan? Minum air putihnya udah  berapa gelas sayang?”
                “e buset dah”
                “kamu ya, sama mama sendiri busat buset”
                “sorry… mama, kapan pulang?
                “haduh gimana ya.. kemaren ada anak namanya lili, dia kasian banget.. baru lima tahun udah kena leukemia loh..”
                “hmm..”
                “kayaknya mama belum bisa pulang..”
                “kemaren ada joni anak kena kanker, bulan lalu ada tika yang kena liver. Sekarang lili kena leukemia. Ntar lama-lama tara kena serangan jantung”
                “heh! Kamu nggak boleh ngomong gitu dong tara. Kamu mau disuntik? Pake infus? Hah?”
                “aaaaaa nggak mau. Ya udahlah. Oya, david flu tuh ma dari kemarin. Coba telfon dia”
                “hah flu? Tuh anak pasti ujan-ujanan lagi deh.”
                Aku menutup telfonnya sebelum mama mengomel karena aku tidak menjaga david dengan baik. padahal david juga sudah dewasa, dia pasti bisa menjaga kualitas kehidupannya dengan baik. lagian soal flu itu, aku Cuma bohong sama mama. Biar dia telfon si david, kasian kan david lagi galau mikirin renita, mantan pacarnya yang bentar lagi mau merit dengan manusia yang udah dijodohin sama dia dari kecil. lagian tuh bocah baru umur 17 tahun pacarannya sama tante tante umur 25 tahun. Rasain aja tuh ditinggal merit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Menabung Emas (top rekomendasi Pegadaian Digital)

Hi, masih bingung bagaimana caranya untuk memulai menabung Emas? Berikut beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai menabung Emas ya: ...