Kamis, 13 Februari 2014

Keindahan Gunung

Melihat Keindahan Gunung Merapi Dan Merbabu dari Ketep Pass.

Di Jawa Tengah banyak menyebar pegunungan yang sangat indah dan menajubkan untuk disaksikan langsung, bisa dengan melihatnya dari kejauhan atau mendaki hingga atas puncak. Kalau di Dataran Tinggi Dieng, Petualang bisa melihat kemegahan pegunungan dari dekat. Namun untuk menikmati Gunung Kembar Sindoro dan Sumbing, Petualang bisa menyaksikan dari kejauhan pun nampak bagus. Nah, di sekitar Kabupaten Magelang, tepatnya di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Megelang terdapat tempat yang menarik untuk melihat eksotisme alam. Orang lebih banyak menyebutnya dengan Ketep Pass yang merupakan Gardu Pandang untuk melihat gunung Merapi dan Merbabu nampak lebih dekat dalam satu sudut yang sama. Selain Pandang, di Ketep Pass juga banyak titik-titik yang menarik lainnya.
Ketep Pass secara demografis terletak di bukit Sawangan, Sawangan berasal dari bahasa jawa yang berarti sawang atau nyawang yang berarti melihat. Bukit ini persis di pertengahan antara Gunung Merapi dan Merbabu, jadi Petualang bisa melihat kedua gunung tersebut dalam satu pandangan yang mengagumkan. Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 meter dpl, dengan koordinat 7°29’38.65” Lintang Selatan dan 110°22’55.52” Bujur Timur. Sekitar 30 km dari kota Magelang, 35 km dari Kabupaten Boyolali dan 32km dari Kota Salatiga. Dapat di jangkau dengan berbagai macam alat transportasi seperti kendaraan roda 2 (dua) hingga bus.
Untuk harga tiket Masuk ke Ketep Pass sangat terjangkau hanya Rp. 3.000,- per orang ditambah biaya parkir sebesar Rp. 2.000,- (roda 2). Petualang bisa menikmati berbagai keindahan alam yang menajubkan, dari hijau pepohonan yang menyebar hingga ujung mata sampai pegunungan berjajar dari berbagai sisi. Petualang jika beruntung bisa menikmati gagahnya Gunung Merapi dan Merbabu tanpa kabut dan awan, atau menikmati dari kejauhan gunung kembar Sindoro Sumbing dan beberapa pegunungan kecil yang nampak terhampar indah. Untuk melihat lebih leluasa silakan untuk menuju di Gardu Pandang Ketep Pass yang terletak paling atas sendiri. Disana juga disediakan gazebo untuk menikmati pemandangan dengan lebih santai.
Selain menikmati eksotisme alam pengunungan, Petualang bisa menikmati film tentang merapi di Ketep Volcano Theater. Di Ketep Volcano Theater menceritakan tentang fenomena Gunung Merapi yang sangat dasyat, Petualang bisa menikmatinya dengan membeli tiket tambahan sebesar Rp. 5.000,- dengan durasi sekitar 30 menit. Murah bukan? Dibandingkan dengan ilmu dan pengetahuan yang didapat ketika melihat film tentang fenomena alam. Bila ingin melihat film tersebut, silakan membelinya dahulu di loket tiket yang berada di sebelah selatan Ketep Pass,  sambil menunggu antrian Petualang bisa berjalan-jalan melihat pemandangan.
Belum lelah untuk berpetualang, bisa menikmati museum vulkanologi yang letaknya di bawah Gazebo Gardu Pandang Ketep Pass. Untuk memasuki Museum Vulkanologi Ketep Pass, Petualang diharuskan untuk membeli tiket tambahan sebesar Rp. 3.000,- per orang. Untuk urusan kuliner, jangan berkecil hati di Ketep Pass banyak menyediakan kuliner khas Ketep yaitu jagung bakar yang lezat dan pedas. Menikmati jagung bakar yang mak nyuss  di sudut bukit bersama keluarga dan kawan karib sambil menikmati landscape perbukitan yang menghampar luas dengan sketsa gunung yang menajubkan.
Fasilitas lain di Ketep Pass juga sudag baik. Urusan tempat parkir bisa dikatakan sangat layak, terdapat lahan parkir yang luasa membentang sepanjang jalan Ketep Pass yang lebar dan parkir dalam untuk kendaraan roda 2 (dua) dan mobil. Saranan ibadan juga disediakan di Ketep Pass yaitu mushola artistik lengkap dengan tempat wudhu yang layak. Petualang bisa ke Ketep Pass dari berbagai rute jalan yang sudah mudah untuk dilewati. Ada 3 (tiga) rute yang disarankan, yang bisanya disebut jalur SSB (Solo – Selo – Borobudur). Jika Petualang melawati Jogjakarta bisa menuju ke Muntilan, Magelang. Sampai Gulon silakan berbelok ke kanan – Ngadipuro – Senowo – Sawangan – Ketep, waktu yang dibutuhkan sekitar 1-2 jam dengan jarak tempuh lebih dari 40km.
Atau jalur yang lain dari Jogjakarta bisa menuju Mungkid belok kanan ke Pagersari – Gondowangi – Ketep sekitar 50km ditempuh dalam waktu lebih dari 2 jam. Apabila petualang dari arah Surakarta (Solo) silakan untuk menuju Kabupaten Boyolali. Dari Boyolali menju Ketep Pass jaraknya sekitar 35km bisa ditempuh dalam waktu sekita 45 menit. Rute yang harus dilewati adalah Boyolali – Cepogo – Selo – Musuk – Ketep Pass.
Jika Petualang dari Semarang silakan menuju Kota Salatiga, dari Salatiga ke Ketep Pass bisa di tempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dengan kecepatan normal berjarak sekitar 50 km melewati Getasan melewati obyek wisata Kopeng – nGablak – Pakis – Ketep Pass. Jalur ini sangatlah ekstrim dan berkelok kelok seperti jalur Dataran Tinggi Dieng atau Candi Gedong Songo, kewaspadaan dan konsentrasi sangatlah penting bagi pengemudi.

Sumber : coretanpetualang.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Menabung Emas (top rekomendasi Pegadaian Digital)

Hi, masih bingung bagaimana caranya untuk memulai menabung Emas? Berikut beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai menabung Emas ya: ...