Senin, 30 Maret 2015

penting nggak sih perencanaan keuangan untuk karyawan dan mahasiswa?

Semangat Pagi gays, Tuhan memberkati.

Perencanaan keuangan? itu mungkin sudah tidak asing lagi buat kita. sebenernya apa sih itu perencanaan keuangan? menurut gue, perencanaan keuangan itu adalah dimana kita harus merencanakan alur atau pengeluaran keuangan kita untuk biaya yang harus kita keluarkan, dan bagaimana cara mengaturnya agar tetap strategis dan tidak berantakan.

Penting nggak sih punya perencanaan keuangan? menurut gue juga nih, penting lhoo.. karena...
> Penting, ini untuk masa depan kita. nggak seharusnya kita mendapatkan gaji dalam sebulan itu kita habiskan untuk sebulan itu juga atau malah hanya dua minggu, selebihnya mungkin kita harus kerja tambahan?

Gue pribadi adalah mahasiswa kelas karyawan. yang artinya gue juga kerja. Dari hari senin sampai jumat gue kerja, sabtunya kuliah, minggunya gue tidur. begitu seterusnya. dan hal ini buat gue bosen sebosen-bosennya. gue emang tipe orang yang nggak mau diem, pengennya kesana kesini.

Awalnya gue males banget denger yang namanya akuntansi, gilaaaa.... pikiran gue udah kemana-mana kalo denger satu kata itu, ngitung angka tapi nggak ada duitnya.. kan males -_- tapi mungkin karena jalur gue ada di keuangan.. Tuhan mengaturnya dengan baik. tiba-tiba gue masuk ke sekolah bisnis, padahal impian gue ada di sastra.

Kenapa gue akhirnya ambil kuliah bisnis? yang pertama itu kayaknya takdir Tuhan, yang kedua kepepet. iya bener, KEPEPET! waktu itu gue udah nggak ada pilihan lain buat ngambil jurusan apa karna gue juga harus kerja. SSSttt, gue belum pernah denger ada mahasiswa sastra kelas karyawan -_- hampir semuanya fakultas ekonomi :D

Tapi dari situ semua gue belajar yang namanya bisnis.. gue belajar yang namanya perencanaan keuangan, gue belajar dengan semuanya dan gue mulai jatuh cinta dengan bisnis. walaupun gue belum sesukses merry riana, tapi gue yakin suatu saat nanti gue akan sejajar sama kaya dia, Jiaaahhh :D

Kembali ke topik pertama, perencanaan keuangan?

dari semester satu sampai semester 6, mata kuliah ini nggak pernah lepas 'perencanaan keuangan' yapyapp.. sampe gue nemu bukunya si Farah Dini Novita yang judulnyaa 'fichickup alias financial check up for ladies.. (Invest but still shopping and spa? No worries, Ladies!). 
Judulnya ngeledek banget kan? oh iya memang!
sampe-sampe gue pengen banget baca bukunya, hahaha :D

karena gue ngrasa gue belanjannya banyaaak... gue akhirnya ikutan tuh MLM kosmetik, yaaa adalah pokoknya.. tapi setelah gue ngejalanin bisnis itu, yang ada gue cuma dapet pikiran, capek, sama duitnya abis.. hohoho, mau nambah duit malah... gitulah :D kesalahan pasti ada digue :D
1. gue susah maksa orang buat beli produknya
2. produknya mahal
3. gue cewek natural yang nggak suka pake kosmetik
4. gue lemah strategi
5. gue menyerah
akhirnya gue selese di mlm :D hahahaha
gue nggak diem disitu aja, gue ikutan lagi nih jadi agen asuransi nomer satu di indonesia.. dan yah.. yang awalnya semangat gue 110% membara, hilang dikit demi sedikit karena.. lo pasti tau kan gimana rasanya jadi agen asuransi? yang harus ngurus claiman orang kalo datanya ada yang kurang, harus ada target, cara menawarkannya juga susah karena asuransi udah ada dimana-mana.. rasanya tuh kalo ada orang denger kata agen asuransi, gimanaaa gitu... padahal itu plan bagus banget kan buat kesehatan? dan akhirnya gue nyerah juga..

dan sekarang.. itu tuh! gara-gara bukunya si mbak Farah Dini, gue jauuuuhh lebih tau tentang yang namanya Investasi.. tau dong investasi? kaya deposito, pembelian saham, obligasi dll... yang membutuhkan banyak banget duit buat invest, hahaha
Dan dari itu juga gue dapet satu ilmu, yaitu investasi dengan program reksadana :D

Apa itu reksadana??

Versi gue nih.. Reksadana itu adalah kumpulan modal yang dikelola oleh managemen keuangan untuk di investasikan kedalam bentuk saham, obligasi dan deposito dll... yang menarik itu adalahhhh.. kita bisa investasi dengan cara mencicil :)
Karena gue penasaran.. akhirnya gue cari2 tahu tentang reksadana, ternyata memang sudah banyakk.. guenya aja yang baru buka mata :D dan alhamdulillah gue sekolah di jurusan bisnis, gue kurang lebih kenal dengan beberapa orang yang sudah mencoba untuk join atau ikut reksadana..

Lima alasan logis buat gue kenapa gue harus ikut reksadana :
yang pertama.. 350.000 ribu perbulan? duh.. lumayan kan kalo dilihat? masa iya sih gue harus nyisihin duit segitu buat nabung? atau investasi?.. tapi gaayyyysss... uang yang sebenernya kita juga nggak tau pada larinya kemana, memang mendingan gue tabungin kan? apalgi kalo di investasiin?
yang kedua.. gue pengen lebih tau tentang investasi karena gue nol prakteknya, hanya sebatas teori di sekolah gue..
yang ketiga.. gue suka tantangan seperti ini :D
yang ke empat, ini bukan MLM yang harus jual produk, tupo, dan cari orang, ini bukan asuransi yang harus pusing mikirin claimnnya orang walaupun udah bagus banget programmnya..
yang kelima.. gue keliatannya keren aja ya kan, wuiih gue investasi saham nih.. padahal gue bayarnya cuma 350.000 perbulannya, hahahaha :D

Nanti gue lanjutin lagi yah nulisnya.. gue udah masuk jam kerjaaaa... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Menabung Emas (top rekomendasi Pegadaian Digital)

Hi, masih bingung bagaimana caranya untuk memulai menabung Emas? Berikut beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai menabung Emas ya: ...