Rabu, 26 Maret 2014

The Billionaire

The Billionaire
Oleh: Devota Rachmania Hardask (5210100026)


Film yang berasal dari Thailand ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Top Ittipat. Top adalah seorang siswa SMA yang tergolong tidak tertarik dengan kehidupan sekolahnya, dan justru lebih tertarik dengan permainan online. Dari permainan online itu, dia akhirnya membuka bisnis permainan yang menghasilkan banyak uang. Dari uang tersebut, ia berhasil membeli banyak komputer dan mobil mewah. Tetapi, karena kelalaiannya akhirnya ia dikeluarkan oleh admin permainan online itu dan dia tidak dapat melanjutkan bangku kuliah.
Tidak berhenti dari situ, akhirnya ia menemukan passionnya yaitu sebagai seorang pengusaha. Dimulai sebagai seorang penjual dvd bajakan, namun sayangnya dia ditipu oleh penjualnya yang mengakibatkan uangnya melayang dengan sia-sia. Kemudian ia mencoba usaha menjual kacang goreng. Pada mulanya bisnis tersebut lancar karena ia telah melakukan berkali-kali observasi lapangan untuk dapat menemukan resep cara menggoreng kacang yang terenak beserta lokasi stan yang strategis. Akan tetapi dengan adanya hutang besar yang melilit keluarganya, orang tua Top memutuskan untuk pindah ke Shanghai. Dengan tekad yang bulat, Top memutuskan untuk tetap di Thailand bersama pamannya, dan membuka bisnis baru. Ketika Top pergi dengan kekasihnya, ia menemukan sebuah ide baru yaitu menjual snack rumput laut kering. Dari ide tersebut, ia mencoba berkali-kali untuk dapat mengolah rumput laut tersebut, akan tetapi banyak halangan yang dia alami. Dimulai dari rasa yang pahit hingga terbatas pada tidak tahan lamanya produk tersebut. Dengan usaha yang keras diantara musibah yaitu pamannya terluka, ia akhirnya dapat menemukan resep yang enak.
Setelah menemukan jati diri produknya, kini masalah yang dihadapi oleh Top adalah bagaimana cara memasarkan produknya. Mula-mula ia mencoba menjual pada stan, tetapi keuntungan yang didapat tidaklah cukup. Akhirnya ia menemukan ide yaitu memasarkan produknya pada swalayan 7-11. Setelah ditolak pada mulanya dengan alasan desain kemasannya yang tidak menjual, Top tidaklah patah semangat. Akhirnya ia dapat membangun pabriknya sendiri, dan produknya yaitu rumput laut kering yang diberi nama “Tao Kae Noi” yang berarti Pengusaha Muda dalam bahasa Thailand, akhirnya disetujui untuk dipasarkan oleh 7-11.
Dan akhirnya, dua tahun kemudian hutang ayahnya yang berjumlah 40 juta bath terlunasi. Top dan keluarganya dapat menempati rumahnya yang semula disita oleh bank. Kini Top memiliki 2500 karyawan, ia mengirim produknya ke 6000 swalayan cabang 7-11, mengekspor ke 27 negara, memiliki perkebunan rumput laut di Korea Selatan, serta pada tahun 2010 pendapatannya mencapai 1500 juta baht atau senilai dengan Rp 450 milyar. Dan yang paling mengesankan adalah saat ini, dia masih berumur 26 tahun. Dia berhasil mencapai impiannya. 
Pesan yang dapat diambil dari film ini adalah:
- Jika wirausaha adalah passion Anda, maka kejarlah
- Beranilah untuk mengambil resiko
- Menerima saran dari orang adalah penting, tetapi jangan lupa dengan pendapat Anda pribadi
- Yakinlah akan berhasil
- Tidak semua bisa dilakukan dengan uang, tetaplah menjunjung kejujuran
- Jika memang Anda ingin membuka usaha, maka berusahalah dengan maksimal, jangan menyerah dan lakukan observasi lapangan sebagai perbandingan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Menabung Emas (top rekomendasi Pegadaian Digital)

Hi, masih bingung bagaimana caranya untuk memulai menabung Emas? Berikut beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai menabung Emas ya: ...