Kamis, 12 September 2013

12 September 2013

Kamis, 12 September 2013

iya.. aku memang masih membenci september dan rokok tentunya.
tapi bulan september ini.. ada gejolak berbeda di hatiku yang ingin sekali aku lakukan dari dulu. iya masih sama, masih bercita-cita menjadi guru bagi anak-anak.
tadi pukul 18.15 aku keluar kost dan berjalan menuju stasiun Gondangdia, menteng, jakarta pusat.
sebenernya aku agak takut untuk mulai ini sendirian tanpa bantuan siapapun. apalagi ini jakarta, buka kota kelahiranku, but sure.. ini tetap indonesia. negara kelahiranku. aku tidak pernah ingin menyombongkan diri di dalam tulisan ini.. aku hanya ingin berbagi sedikit kisah yang malam ini membuatku terasa tersentuh..

niatku cuma ingin mendekat, mendekati anak-anak kecil yang tidur di pinggir jalan.. di trotoar.. di samping gerobak sampah, dan tidur di atas jembatan gantung. aku melihat ada dua anak kecil perempuan di dekat parkiran motor tadi.. aku mencoba mendekat walaupun agak takut. yang satu masih kecil banget..kayaknya masih balita, dan yang satu umuran anak SD.. aku perkenalin diri sama mereka, mereka cuma diem dan kayaknya sinis ngeliat aku. aku senyum, mereka masih diem.. terus aku coba nanya sama mereka.. aku tanya baik-baik...bener-bener hati-hati..

aku: kalian sekolah dik?
SD: kenapa kamu nanya2?
aku: mm.. kaka cuma pengen tau aja dik..
SD: makan aja syukur!! sekolah!!!!

aku tersentak.. kaget, sedih campur aduk.
kesannya aku tuh kaya... argghhh!
mereka pergi gitu aja, bahkan setengah berlari. mungkin mereka jenuh, atau kecapekan mau cepat-cepat pulang..atau TAKUT dengan orang lain seperti aku?
ya Tuhan...

lalu..tiba-tiba, ada segerombolan anak laki-laki, masih anak-anak.. mungkin sekarang kalau sekolah mereka kelas empat-lima SD. mereka deketin aku dan..

X: teteh ngapain disini?
aku: oh gak, teteh cuma mau beli nasi goreng
X: bukan asli sini ya teh?
aku: teteh tinggal di gang tembok situ, deket kok
X: oh.. sendirian ya teh?
aku: enggak, tuh sama temen (aku nunjuk siapapun yang ada disitu)
X: oh..
aku: kalian pada mau kemana?
X: kita mau ke parung teh.. jauh dari sini yah
aku: aduh..teteh ga tau dik.. eh, kamu kelas berapa?
X: aku ga sekolah teh
aku: temen-temen kamu..?
X: mereka juga ga pada sekolah..
aku: terus?
X: kita kerja teh.. keliling-keliling gitu..
aku: kerja apaan?
X: ah, teteh mau tau aja. pokoknya yang bisa dapet duit

tadinya aku kira mereka anak-anak nakal yang biasanya aku temui di pinggir jalan, yang kadang berbuat yang tidak ****

aku: umurnya berapa dik..?
X: delapan tahun teh, itu juga kalo ga salah.. soalnya ga tau kapan lahir, hahaha si emak langsung buang aku ke jamban

aku: emang ibu tinggal dimana dik..?
X: ga punya ibu
aku: oh.. jadi sama bapak yah?
X: ga juga, kita tuh tinggal bareng-bareng teh..
aku: mau ga belajar baca tulis sama teteh?
X: hah? ENGGA DEH TEH, DARIPADA WAKTU KITA TERBUANG BUAT BELAJAR GITUAN, MENDINGAN KERJA BIAR BISA MAKAN.

ya Tuhan hatiku..
cukuplah. ga bisa nerusin ini lagi..
terima kasih september untuk petualangan malam ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Menabung Emas (top rekomendasi Pegadaian Digital)

Hi, masih bingung bagaimana caranya untuk memulai menabung Emas? Berikut beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai menabung Emas ya: ...